Archive for the 'dakwah' Category

Takut Menulis Blog?

Anda ingin menulis blog, tapi merasa takut? Ragu? Gelisah? Khawatir?
Silahkan baca ini…

baca semuanya…

Solusi Pro Kontra Poligami: Pengertian

Setelah memperhatikan berbagai komentar di posting sebelumnya, maka (sekali lagi) saya ambil kesimpulan seperti judul tulisan ini.

Semoga tulisan ini bisa mengobati semua ketidaknyamanan dan perselisihan akibat posting kemarin (juga beberapa posting yang sebelum-sebelumnya). Oh ya, sesuai dengan kebiasaan dan pemahaman umum (yang belum tentu benar), setiap kali nanti saya menyebut poligami, sebenarnya yang saya maksud adalah poligini atau multibini, yaitu punya lebih dari satu istri.

Untuk anda yang suka poligami…

Demi Indonesia kok dibilang konyol?

Petisi konyol! Tuntutan aneh!

Mungkin itu yang dikatakan beberapa pihak yang selalu mencibir. Wajar, mungkin mereka memang terlahir untuk itu. Apalagi bila secara langsung maupun tidak, mereka akan banyak dirugikan bila IPDN bubar, tentu suara mereka akan lebih keras. Selain itu, ada juga pihak-pihak yang selalu mengatakan seperti ini:

  1. Kekerasan bukan hanya terjadi di IPDN bung! Kalau itu alasannya, berarti semua pendidikan di Indonesia harus bubar!
  2. Untuk memberantas tikus, kenapa lumbungnya dibakar? Yang salah satu kutu, kenapa kepalanya yang dihancurkan? Kan tidak semua orang terlibat?!?!?
  3. 4000 anak manusia di dalam sana mau dikemanakan? Kasihan kan?
  4. Apa gunanya cape-cape bersuara dukung pembubaran, SBY ga akan peduli kok, beliau lebih takut pada mafia kekuatan besar yang menginginkan IPDN dipertahankan!!
  5. Ah, mending juga saya ngurusin kepentingan saya sendiri, perut sendiri ga keurus kok mau mikirin bangsa. Malesss!

Kalau mengikuti pikiran mereka yang seperti itu, akhirnya saya akan memilih diam. Akan ikut cari aman dan pilih posisi sebagai penonton. Sebagai The watcher, terdengar keren, dan sepertinya tanpa resiko :) Atau kalaupun bersuara, saya malah akan tentang pembubaran IPDN. Sayangnya ada fakta-fakta seperti berikut.

  • IPDN itu sekolah GRATIS, atau malah dibayar? Dapat uang saku ya?
  • Keluar dari sana, lulusannya akan jadi pejabat, mahluk sebangsa camat atau lainnya. Yang jelas JADI PNS.
  • Telah terjadi kekerasan, pembunuhan keji, tapi mereka sangat kompak untuk bungkam menutupi. Setiakawan melindungi para pelaku pembunuhan sadis.
  • Birokrasi di Indonesia, kebanyakan busuk. Tak usah jauh-jauh, mulai dari urusan camat kroninya aja, terutama urusan KTP gimana? Silahkan menambah contoh urusan yang jadi ribet karena para PNS dan BIROKRAT yang BEJAT, LAKNAT, DAN KORUP!

Hmmm…. Jadi?

Kabar Buruk Untuk Ulama Busuk

Yth Para Ulama Busuk Indonesia,

Dengan ini saya sampaikan berita buruk untuk anda semua.

Ulama yang merasa tidak busuk tak perlu terus membaca

Belajar Qur’an Kok Dipersulit

Peringatan Penulis: Ini tulisan jumat yang panjang, pastikan anda punya cukup waktu (sekitar 7 menit), oksigen dan energi untuk mengoperasikan otak sebelum membacanya. Perlu juga sedikit benwit tambahan kalau ingin melihat sendiri ayat-ayatnya. Oh, satu lagi, ini bukan tulisan satir kok, baca apa adanya aja.

Begini, semalam tadi saya sempat didakwahi oleh Wak Abu Aqil Al-Atsy, menurutnya, untuk menafsirkan Al-Qur’an itu harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut ini, sebagian saya kutipkan dari tulisan di blognya beliau yang full moderated dan penuh ancaman, saya juga tebalkan dan warnai di beberapa bagian supaya lebih mantaf:

  1. Beraqidah shahihah, karena aqidah sangat pengaruh dalam menafsirkan Al-Qur’an.
  2. Tidak dengan hawa nafsu semata, Karena dengan hawa nafsu seseorang akan memenangkan pendapatnya sendiri tanpa melilhat dalil yang ada. Bahkan terkadang mengalihkan suatu ayat hanya untuk memenangkan pendapat atau madzhabnya.
  3. Mengutamakan menafsirkan al-Quran dengan al-Qur’an, kemudian setelah itu menafsirkannya dengan as-sunnah, perkataan para sahabat dan perkataan para tabi’in.
  4. Faham bahasa arab dan perangkat-perangkatnya, karena al-Qur’an turun dengan bahasa arab. Mujahid (murid Ibnu Abbas sang ahli tafsir) berkata; “Tidak boleh seorangpun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, berbicara tentang Kitabullah (al-Qur’an) jikalau tidak menguasai bahasa arab“.
  5. Memiliki pemahaman yang mendalam agar bisa mentaujih (mengarahkan) suatu makna atau mengistinbatkan suatu hukum sesuai dengan nas syari’ah. Inilah yang tidak dimiliki oleh mereka orang-orang bodoh lagi berlebihan, yang berusaha menafsirkan Al-Quran namun tidak mengarahkannya kepada makna yang dimaukan oleh ayat tersebut.
  6. Faham dengan pokok-pokok ilmu yang ada hubungannya dengan al-Qur’an seperti ilmu nahwu (grammer), al-Isytiqoq (pecahan atau perubahan dari suatu kata ke kata yang lainnya), al-ma’ani, al-bayan, al-badi’, ilmu qiroat (macam-macam bacaan dalam al-Qur’an), aqidah shaihah, ushul fiqh, asbabunnuzul, kisah-kisah dalam islam, mengetahui nasikh wal mansukh, fiqh, hadits, dan lainnya yang dibutuhkan dalam menafsirkan. [Jami’ Ulumul Quran Kary. Manna’ Al-Qaththan hal 329]

Poin awal-awal masih santai dan sepakat, tapi masuk poin 4 dan selanjutnya membuat saya terperanjat, tapi ga sampe manjat-manjat sih. Lha saya dah terlanjur mempelajari dan ngomong tentang kitab, padahal ga ngerti bahasa arab!!! Apalagi setelah ditaburi dengan segala ancaman dan hadis-hadis horor. Walahhh, resah gelisah dan basah lah pokoknya… eits, basahnya bukan karena horny lho, tapi keringat dingin!

Tapi kemudian… hari ini, dasar jiwa anak-anak dalam diri ini masih belum mati, makin dilarang malah makin penasaran: Apa iya Qur’an TIDAK bisa dipelajari lewat bahasa-bahasa lain? Misal Indonesa atau Inggris? Sebenernya ini kitab terbit untuk mempersulit atau mempermudah sih? Akhirnya saya nekat juga, buka-buka lagi itu kitab terlarang… siapa tahu bisa menjawab kenapa sih kok para ustat segitu takutnya Qur’an dipelajari oleh semua orang?

Hasilnya saya malah menemukan hal-hal menarik, tapi psssst, jangan bilang2 Wak Abu abu yach! Apalagi Wak Makassariy, tar bukan cuma dicap jahel, bisa-bisa saya dianjing2in lagi.

Berikut ini saya coba mengaji (atau mengkaji?) Yang mau ikut terlibat silahkan klik untuk baca lanjutannya, tapi ingat, ini pengajian, dalam arti mencoba mengkaji, sama sekali BUKAN penganjingan yang berarti menganjing-anjingkan lho. Disini saya juga berusaha memudahkan anda untuk MEMBUKTIKAN SENDIRI bagaimana bunyi ayatnya dengan link-link langsung ke ayat yang dimaksud. Dengan cara ini anda lebih aman, karena saya tidak bisa bohong atau memutilasi atau memelintir ayat :) Kalau perlu siapin kitab versi DepAg deh buat verifikasi.

Baca selengkapnya dengan tenang dan santai…

Cara Menjauhkan Umat dari Kitab

Bagi beberapa dari anda, hari jumat tanpa ayat mungkin rasanya kurang nikmat. Sayangnya Jumat ini saya juga tidak membahas ayat. Tapi justru bagaimana cara menjauhkan umat dari ayat, dari kitab, menjauhkan mereka dari pesan-pesan Allah yang tertulis didalamnya..

Meski anda sudah benar-benar muak dengan agama, tak ada salahnya terus membaca, siapa tahu setelah ini anda jadi tertarik membuka kitab suci, dan suatu hari nanti akhirnya berkata “waah, ternyata ajaran agama tidak sebusuk itu toh!! Jadi yang orang-orang praktekan itu ajaran sesat siapa ya?!?”

Atau, jika anda adalah ulama yang suka membodohi dan menakut-nakuti umat, yang suka memecah belah umat dengan menebar kebencian, yang suka membagikan cap kafir atau malah cap halal atas darah musuh-musuh anda, nanti setelah membaca jangan lupa memberi masukan ya, saya yakin anda masih punya banyak trik yang bisa ditambahkan ;)

Selamat membaca…

Bagaimana Merokok Secara Islami

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Yang Membukakan Pintu Hati.

Salam Indonesia!

Sebagai orang Islam… oh iya, maaf bila saya menyebut label agama dengan jelas. Dalam tulisan ini saya akan menggunakan pembenaran berupa ayat-ayat suci yang mungkin hanya bisa dipahami oleh anda yang beragama Islam. Yang alergi silahkan segera berhenti membaca. Kalau merasa punya pikiran cukup terbuka silahkan meneruskan.
Ok? Lanjuuts…


JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter