Bagaimana cara memberantas Polisi Calo?

Setelah puas mengutuk dan menghujat para polisi calo, lalu apa?

Apakah kembali menunggu sampai mereka memperbaiki diri? Apa menunggu Pak Kapolri turun tangan? Apa menunggu SBY/JK ngeh? Atau menunggu Tuhan mampu melakukan sesuatu?

Polisi terbukti tidak mampu memperbaiki diri. Sekian tahun sudah berlalu tanpa perubahan berarti. Dan Kapolri, SBY/JK, bahkan Tuhan pun ternyata punya peran yang nihil.

Bila perubahan dari atas tidak bisa diharapkan, kenapa tidak dicoba dari bawah? Tapi usaha yang seperti apa?

Anjuran basbang untuk tidak menggunakan jasa calo tentu memang tidak salah, tapi anjuran ini tak akan diikuti oleh mereka yang sok sibuk, yang merasa waktunya sedikit, yang karena ingin praktis lalu rela menginjak ratusan orang lain dalam antrian. Mereka ini akan lebih memilih bayar polisi calo untuk menyerobot antrian, yang penting urusan cepat selesai. Dan polisi-polisi rakus tidak akan melewatkan peluang tersebut. Jadi saran itu tidak efektif! Lalu harus bagaimana? Apakah anda punya ide yang lebih ekstrim, eh maksud saya lebih efektif?

Ide-ide perlawanan mungkin bisa dikumpulkan dalam sebuah situs khusus. Seperti halnya Dewo yang membuat situs untuk mencari dan menciptakan sumber energi alternatif, anda bisa saja dirikan situs “Polisi Busuk Watch” atau “Anti Aparat Jahat“. Dan anda yang merasa punya keberanian seperti Munir silahkan jadi adminnya.

Yang mau mbikin silahkan, saya dukung 1000%. Kemudian tolong pelajari ide ini: Gunakan kamera mini tersembunyi, rekam aksi keji mereka. Upload filmnya di youtube atau semacamnya. Berikan linknya ke seluruh dunia, terutama pada keluarga dan sanak famili mereka. Biar keluarga mereka melihat, bagaimana wajah jahat sang aparat ketika sedang menghianati kepercayaan rakyat. Biarkan putra-putri mereka menyaksikan, bagaimana kelakuan ayah atau ibu mereka di kantor. Dan biarkan anak-anak itu tahu, darimana sebenarnya uang jajan dan biaya sekolah mereka berasal. Wawancarai dan pastikan anda dapat momen saat mereka terkejut. Wajah-wajah merah dan kaku itu…. Ah, saya yakin ratingnya akan sangat bagus… Acara ini akan sukses besar!!! (Lho, ini ngomongin apa sih?) *ngantuk*
Mmmh… Ok, ada ide lain?

Update: Menurut black_hack, dahulu SCTV (atau stasiun TV lain) pernah meliput masalah ini, tapi karena wajah pelaku di sensor (saking jeleknya?) tekanan moral terhadap pelaku menjadi nihil, tidak ada efek jera sama sekali. Jadi bagi anda yang ingin mengekspos mereka, pastikan anda rekam wajah mereka, kalau perlu dapatkan juga asal kesatuannya, alamat rumahnya, dan nomor telepon putrinya yang paling cantik.

Iklan

16 Responses to “Bagaimana cara memberantas Polisi Calo?”


  1. 1 dewo 14 Oktober 2006 pukul 7:40 am

    Ide yang brilian. Aku dukung…
    Mari kita cari kamera kecil berbentuk pulpen.
    (** Serasa James Bond ***)

  2. 2 elly.s 14 Oktober 2006 pukul 8:53 am

    ah…lingkaran setan…
    susah…entah gimana…
    kali harus dimusnahkan satu generasi …baru kita bentuk pribadi2 baru yg tak tersentuh budaya ini…
    Udah baca pengalaman saya n calo di Kedubes RI Kuala Lumpur?

  3. 3 elly.s 14 Oktober 2006 pukul 8:57 am

    oya…foto2 saya lengkap waktu dikedubes…mau?
    Gimana cara download ke you tube…
    wah naluri james bond saya jadi membara nih…
    saya gak pake kamera pena kok kemaren, kamera biasa, sumpah!

  4. 4 wadehel 14 Oktober 2006 pukul 11:48 am

    @ Dewo
    Alat-alat surveilance mini yang bisa disembunyikan di balik baju/jaket kalau tidak salah sudah dibawah 1jt an kok.

    Saya sih cuma bermasalah dengan dana. Mungkin ada yang mau nyumbang? :P
    *bukan berarti saya mau melakukan lho, bahaya tauk*

    @ Elly.s
    Kalau foto, tidak perlu youtube, anda bisa pajang langsung di blog anda. Di wordpress ini juga mendukung upload foto kok.

  5. 5 black_hack 14 Oktober 2006 pukul 12:54 pm

    waks…bahaya kui mas.
    lha wong munir aja udah berangkat…mau nyusul mas???
    hihihihihi, dulu liputan 6 SCTV pernah tuh kayak gitu, tapi wajah polisi nya ditutupi, tapi jelas banget dimana tempat mangkalnya..and jam dinas nya,sebener nya seh itu bisa dijadiin bukti kuat,biar mereka bisa di hukum.
    but its oke lah….

  6. 6 bebex 14 Oktober 2006 pukul 2:43 pm

    gampareeen ajha,,,
    gada yang bener polisi di indonesah hare gene… :(

  7. 7 dhitos 14 Oktober 2006 pukul 9:03 pm

    Masalah Polisi mah.. dah ruwet dan ruwet, mbulet terus masih ingat kan peristiwa penelitian mahsiswa PTIK yang dulu rame sekali dikoran dan mampukah polisi menegakkan reformasi, sebagai perbaikan.?
    Atau sebaikknya kita sebut saja Sapu kotor itu bernama polisi hayooo. Masih ada yang brani..?

    kok tak link gak bisa sih? (ilmune rung tekan..)
    1. http://www.bukumiring.com/index.php?option=com_content&task=view&id=44&Itemid=91&PHPSESSID=147528017aafa00085b36c0bdf2c044e
    2. http://www.kompas.com/kompas-cetak/0403/06/Fokus/892629.htm

  8. 8 putradi 14 Oktober 2006 pukul 9:47 pm

    mu jadi polisi modal (suap) nya mahal … pas udah jadi polisi … ya balikin modal …

  9. 9 lina 14 Oktober 2006 pukul 9:49 pm

    Iya…gimana mau nyetak polisi yang ga mata duitan. Lha wong untuk bisa masukin anaknya ke “sekolah polisi” aja sampai ngutang sana sini. Biaya sekolahnya juga dicaloin!!!
    Duhh…sekarang lihat aja…banyak polisi yang fisiknya tidak sesuai dengan yang semestinya..(banyak yang krempenggg)
    Husshh!!!
    Duhhh…kasihan nih polisi yang benar-benar mau mengabdi…jadi kena getahnya dehh… maaf ya.

  10. 10 wadehel 15 Oktober 2006 pukul 1:13 am

    Ya, ya, ya. Anda semua kecewa. Beberapa juga sakit hati dengan polisi kita.
    Lalu… apakah anda rela anak cucu anda merasakan hal yang sama?

    @ Dhitos
    Link yang anda berikan, itu sangat-sangat menakutkan, setelah membacanya, pasti banyak orang yang memutuskan pura-pura tidak tahu dan menenggelamkan diri dalam urusannya masing-masing.
    Saya jadi punya prasangka baru, Bahwa Pak Kapolri ….. (saya ga berani nulisnya).
    Apa benar begitu? Lalu apa berarti kita harus kembali diam saja?
    Mannna solusinyaaaah…. :(

  11. 11 urip 15 Oktober 2006 pukul 8:28 am

    Sepertinya emang dari sononya yg namanya polisi emang gitu itu sifatnya… Embah dari istri saya saja yg sempat jadi tentara masa kemerdekaan sudah banyak melihat prilaku miring polisi, hingga beliau berpesan jangan sampai dari keturunannya ada yg jadi polisi… sebab menurut beliau kondisi lingkungan kerja polisi emang sarat hal2 miring itu. Sebersih apapun calon polisi kalau udah masuk kepolisian pasti belepotan lumpur juga. Kalo ada Orang bersih yg ada di kepolisian dijamin akan terlibas oleh rekan2nya sendiri. Jadi memang perlu revolusi besar2an yg namanya lembaga kepolisian itu. Mungkin diperlukan presiden yg bernyali dan “nyentrik”.

  12. 12 Goio 15 Oktober 2006 pukul 6:08 pm

    Waduh, yang ngomel2 sudah cukup banyak :) .. saya pake topi “positive and optimist thinking” aja ah…

    ayo semangat polisi Indonesia … insyaAllah walau hanya ada satu yang berprilaku baik dan benar, akan menular dan memberikan bibit-bibit yang baik untuk polisi lainnya…

    Aminnnn…

  13. 13 kw 17 Oktober 2006 pukul 12:59 pm

    bubarkan indonesia. bentuk pemerintahan baru yang lebih demokratis dan manusiawi.

  14. 14 Future Cop 11 Desember 2006 pukul 10:25 pm

    Polisi tidak akan pernah disukai…

    NAMUN akan sangat dibutuhkan.

  15. 15 wadehel 12 Desember 2006 pukul 5:25 pm

    @ Urip
    Bukan cuma Presidennya, kita juga perlu polisi nyentrik, yang berani memilih tetap bersih dilingkungan yang busuk.

    @ Goio
    Amiiin. Semoga polisi bersih itu bukan hanya di imajinasi anda saja.

    @ Kw
    Woohoo, komen berbahaya itu , hapus jangan?

    @ Future Cop
    Kalau kelakuan sebusuk sekarang, sampai kapanpun tak akan disukai.
    Nick anda seperti calon polisi ya? Semoga anda adalah bibit bersih yang akan merubah citra Polisi Indonesia :D
    Amiin, amin ya allah ya rabbal alamiiin.

  16. 16 helpyourblogs 5 Oktober 2007 pukul 4:15 am

    i use mozilla firefox and downloadhelper addons to download video from youtube, veoh, dailymotion, metacafe, its perfectly save, no adware and spyware that could harm your computer and it proves to be the faster beside other website youtube downloader try this tutorial:
    http://helpmyinternet.blogspot.com/2007/07/how-to-download-video-from-youtube.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter



%d blogger menyukai ini: