Berbagi bookmark cara praktis

Ketika sedang asik berselancar di Internet, tiba-tiba anda menemukan sesuatu yang menarik, sangat-sangat menarik. Karena nafsu sosial dan hasrat berbagi yang over dosis, anda menjadi sangat gelisah. Sangat amat gelisah, sehingga anda tidak bisa tidur nyenyak sebelum membagi link yang maha menarik itu kepada orang lain.

Bila hal seperti itu sering terjadi, dan anda belum juga menemukan solusi, mungkin cara yang saya lakukan berikut bisa membantu. Atau bila anda punya cara lain, silahkan berbagi, siapa tahu cara anda malah jauh lebih praktis.

Cara yang saya gunakan seperti ini:

  1. Buat account di Del.icio.us, gratis kok.
  2. Setelah itu install ekstensi del.icio.us complete di Firefox II anda.
  3. Restart firefox anda, aktifkan ekstension baru itu dengan memasukkan user dan password anda.
  4. Kemudian, setiap kali anda menemukan link yang menarik, klik kanan mouse anda, lalu di menu delicious pilihlah post clicked link atau post current page untuk mencatatnya ke dalam account del.icio.us anda. Jangan lupa memberinya tag (label) untuk setiap link agar mempermudah pengelompokan.
  5. Untuk lebih melampiaskan hasrat berbagi, aturlah sidebar blog anda agar selalu menampilkan update terakhir del.icio.us anda, secara otomatis. Caranya? Garis besarnya begini, pihak del.icio.us selalu membuatkan RSS feed untuk setiap tag yang anda buat. Jadi tampilkan saja RSS itu di sidebar blog anda. Nanti tiap kali anda bookmark sesuatu, daftar link di sidebar anda otomatis juga akan terupdate. Untuk petunjuk teknis menampilkan RSS, setiap penyedia layanan blog punya cara sendiri, silahkan konsultasi dengan halaman help masing-masing :P

Contoh hasilnya seperti di sidebar kiri blog saya ini, bagian yang berjudul “Blog Menarik Nieh” menampilkan RSS dari semua bookmark yang saya beri tag blogwalking. Itu menampilkan tulisan blogger lain yang saya anggap terlalu menarik. Demikian juga dengan bagian “Ini juga menarik” menampilkan RSS dari tag netwalking yang menampilkan situs apapun yang tidak saya anggap blog, tapi terlihat sangat menarik.

Bila blog anda mengijinkan javascript, maka anda bisa membuat tampilannya menjadi lebih ganjil dan nyentrik, contohnya bisa anda lihat di sidebar salah satu mahaguru blogger Indonesia.

Del.icio.us ini juga punya fitur jaringan pertemanan (mirip friendster gitu deh), jadi anda juga bisa saling add agar merasa lebih gaul. Siapa tahu anda ingin menggauli, eh.. menggaulkan …mmm.. meng-add saya, bookmark lezat saya ada di SINI.

24 Tanggapan to “Berbagi bookmark cara praktis”


  1. 1 prakoso 30 Oktober 2006 pukul 10:58 am

    wah belum sempat coba nih… nanti-lah. ini adalah jalan pintas untuk jalinan lebih besar lagi sesama do-blog-ger. ok

  2. 2 dewo 30 Oktober 2006 pukul 1:50 pm

    “Berbagi Bookmark Cara Praktis?”
    Apa Mas Wadehel nggak takut? Ntar dituduh pluralisme lho!

    (** habis nyalain kompor terus kabur **)

  3. 3 aRdho 30 Oktober 2006 pukul 2:29 pm

    misi om..

    cuman mau bilang…

    “ini bukannya udah luaaamaaa ya?”

    hihi.. anyway, thanks.. :)

    baru tau kalo bs dishare di side bar..

  4. 4 wadehel 30 Oktober 2006 pukul 6:09 pm

    @ Dewo
    Jangan paranoid lah, kecurigaan dikalangan umat beragama belum tentu separah yang anda takutkan. Bisa saja lebih parah.

    @ Ardho
    Jadi inget dialog ini:
    antibasbang : “Malu kamu, Malu!!! MALU!!”
    wadehel: “Lho, kenapa? Wong saya pake celana kok (meski tanpa underwear), ngapain harus malu? hah? HAH??”

    Hihi, sebenarnya saya juga sudah lama tahu, cuma asli baru ngerti kalau del.icio.us itu ada gunanya. Yah, siapa tahu aja berguna, diluar sana pasti ada yang lebih parah dari saya kan.

  5. 5 Amd 31 Oktober 2006 pukul 2:41 pm

    Thanks infonya. Sangat membantu dan memudahkan sekali.

  6. 6 aRdho 1 November 2006 pukul 5:14 am

    @wadehel: emang sih.. :P

  7. 7 giffari 1 November 2006 pukul 9:59 am

    @ pak wadehel : ngambil kosakatanya dari id gmail wiki ya :p

  8. 8 passya 1 November 2006 pukul 7:09 pm

    @ardho
    mau basbang kek… tiap2 era kan pelakunya beda [agama lebih basbang lagi dong, lol]

    @wadehel
    solusi buat yang nge-net lewat warnet?? :D

  9. 9 putradi 1 November 2006 pukul 8:37 pm

    ya…ya…idem ama pasya? buat yang lw (langganan warnet) gimana ?.

  10. 10 wadehel 3 November 2006 pukul 10:18 pm

    @ Semua yang dari warnet:

    Sepertinya bisa tuh…
    Install aja Firefox di Flash disk anda, tambahin extension itu :D

    Klo ga punya flashdisk?
    Beli dong, dah murah.

    Klo gak mau beli, duitnya mending untuk fakir miskin?
    Ya… itu extensi ada fitur “log outnya” kok, install aja di FF warnet, klo dah beres, log out.

    Klo warnetnya pake deepfreeze / ga ngijinin firefox / yg jaga psycho?
    Ya… saya turut berduka cita. Tapi ada kemauan pasti ada jalan, nanti juga ketemu triknya, klo nemu jangan lupa share di blog :D

  11. 11 manusiasuper 4 November 2006 pukul 2:24 pm

    Sekarang berapa seh harga flashdisk (yang benar)??
    Di Bjm harganya fluktuatif sekalee

  12. 12 wadehel 5 November 2006 pukul 1:07 am

    Di M2M saya pernah beli 120an untuk 256mb, di Jogjakarta 135an untuk kapasitas yang sama. Itu udah setahun lebih. Sekarang harusnya jauh lebih murah.

  13. 13 zhanzhe 13 Desember 2006 pukul 1:14 pm

    Aduh telat banget ya gw trackbacknya. :P Padahal artikelnya udah dari bulan kemaren.

    Gw mau nanya nih, kalo gw add pages di del.icio.us gw, ada delaynya ya sebelom halaman di sidebar gw ikut ke-update?

  14. 14 wadehel 13 Desember 2006 pukul 1:30 pm

    @ Zhanzhe
    Iya, emang tidak instan. Selalu ada delay. Terimakasih atas trekbeknya :D

  15. 15 teddy 6 Januari 2007 pukul 10:49 am

    bagaimana cara buat situs secara gratis dan detail dan apa saja ketentuannya

  16. 16 raddith 27 Februari 2008 pukul 5:07 am

    saku pake addthis.com otomatis bookmarks praktis :P

  17. 17 idi 20 Januari 2010 pukul 5:49 am

    gitu toh caranya……


  1. 1 Pake del.icio.us buat RSS « //adv - advent / advance. Lacak balik pada 13 Desember 2006 pukul 1:01 pm
  2. 2 Social Bookmarking « Freddy Hernawan Lacak balik pada 2 Mei 2007 pukul 4:26 pm
  3. 3 Extension Di Firefox Saya « Amd Lacak balik pada 14 Agustus 2007 pukul 9:24 pm
  4. 4 Extension Di Firefox Saya « All That I Can’t Leave Behind Lacak balik pada 1 November 2008 pukul 10:21 pm
  5. 5 Tips Ngeblog Yang Efektif « A Sort of Homecoming Lacak balik pada 18 Februari 2010 pukul 7:40 pm
  6. 6 Tips Ngeblog Yang Efektif « ifan go blog Lacak balik pada 30 September 2010 pukul 11:22 pm
  7. 7 Tips Ngeblog Yang Efektif « imamcsc Lacak balik pada 27 Februari 2011 pukul 3:41 pm

Tinggalkan komentar




JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter