Log Instalasi Kamus Stardict di Ubuntu

Setelah beberapa waktu Stardict sempat minggat dari Ubuntu saya akibat dipasangnya Bochs oleh seorang teman, akhirnya saya berhasil membuatnya kembali berbakti di PC tercinta. Tentunya setelah mengenyahkan Bochs yang aneh itu melalui Synaptic. Berikut ini lognya:

UPDATE (Thanks to pramur):
Sekarang STARDICT TIDAK GRATIS LAGI, mungkin developernya sudah kepepet perlu uang. Sekarang perlu $5 untuk bisa download.

Langkah Instalasi yang dilakukan:

  1. Download stardict-2.4.8-1.i386.rpm di sini
  2. Install dengan
    sudo alien -i home/lokasifile/stardict-2.4.8-1.i386.rpm
  3. Download bahasa/kamus yang anda inginkan.
  4. Ekstrak kamus-kamus itu ke folder usr/share/stardict/dic, saya melakukannya lewat GUI Nautilus, tapi menurut petunjuk di situsnya hal yang sama bisa dicapai juga dengan perintah:
    tar -xjvf namafile.tar.bz2 mv a /usr/share/stardict/dic
  5. Jalankan dengan perintah stardict atau lewat
    main menu -> accessories -> stardict.
  6. Klik tombol Manage dictionaries (di kanan bawah), beri checklist pada kamus yang ingin diaktifkan.
  7. Stardict siap digunakan.

Langkah-langkah di atas diterapkan pada tanggal 3 Desember 2006 sore pada Ubuntu Edgy yang terupdate dan terhubung ke internet melalui dialup GPRS XL, dan berhasil dijalankan. Sudah saya test dengan mengaktifkan kamus quick_indonesian-english, ketika dimasukkan kata bugil dengan sukses langsung diterjemahkan sebagai naked.

Bahasa yang didukung Kamus Stardict: Indonesia, Inggris, Jepang, Perancis, Swedia, Swahili, Belanda, Portugis, Rusia, dsb. Kamus Webster, Oxford sampai Longman pun ada. Semua bisa dipilih di daftar bahasa yang disediakan. Sayangnya di Stardict ini tidak ada kamus bahasa Arab, apalagi kamus poligami. Cmiiw.

Tertarik?
Untuk pengguna windows bisa lihat tulisan ini.
Untuk yang punya koneksi internet unlimited, gunakan saja versi online.

UPDATE (Thanks to pramur):
Sekarang STARDICT TIDAK GRATIS LAGI, mungkin yang buat sudah benar-benar perlu uang. Sekarang perlu $5 untuk bisa download.

20 Tanggapan to “Log Instalasi Kamus Stardict di Ubuntu”


  1. 2 wadehel 5 Desember 2006 pukul 12:12 am

    @ Dewo
    Pasti penganut alirannya gretong ya,

    budayakan komentar rulez!

  2. 3 manusiasuper 5 Desember 2006 pukul 8:24 am

    Saya masih windows! (Kebanggaan yang salah ya..?)

  3. 4 Amd 5 Desember 2006 pukul 9:39 am

    Di mepis caranya kira2 sama aja kan? pake Synaptic juga kok. Cobain aaahh… Kebetulan saya lagi ngerjakan terjemahan di mepis tapi kagak punya kamus…

  4. 5 wadehel 5 Desember 2006 pukul 12:38 pm

    @ Manusiasuper
    Tidak harus salah kok, kan tergantung anda melihatnya darimana :P

    @ Amd
    Maaf, saya belum pernah kenal Mepis pak. Coba aja, jangan lupa ceritanya :D

  5. 6 om7ack 5 Desember 2006 pukul 1:36 pm

    keenam!!

    *penganut aliran dewo :D*

    -=|[bersilaturahmi denGan komentar]|=-
    -=|[gretong bilang:budayakan berkomentar]|=-

  6. 7 wadehel 5 Desember 2006 pukul 7:32 pm

    @ Om7ack
    Duh gusti, signaturnya bener-bener deh.. emange dari nama yang bisa di klik ga cukup? Kalo komen di perspektif.net baru deh pake signatur gituan.

  7. 8 pramur 7 Desember 2006 pukul 6:02 am

    Numpang nimbrung nih Mas…
    Saya kok ga bisa donlod di situsnya itu ya.. katanya musti bayar T_T
    Maksudnya kalo mau donlod yang quick_indo_eng
    Makasih…

  8. 9 wadehel 7 Desember 2006 pukul 9:22 am

    @ Pramur
    Waaah, iyaaaa… menyedihkan. Sekarang ternyata sudah tidak gratis lagi. Padahal saya belum sempet download kamus2 lainnya. :((

    Terimakasih atas pemberitahuannya. Akan saya update secepatnya.

  9. 12 pramur 14 Desember 2006 pukul 9:23 am

    Numpang nimbrung nih Mas…
    Terus tindak lanjutnya bagaimana?
    Bisa ga saya minta kirimin via email?
    Terima kasih sebelumnya
    Thanks before
    Arigatou gozeimasu
    Matur sembah nuwun sanget

  10. 13 wadehel 14 Desember 2006 pukul 11:27 am

    @ Pramur
    Jawaban ada di blog anda

    @ Semua yang kecewa.
    Coba aja bantuin Hu Zheng nranslate, mungkin bisa dapet upgrade cumac-cuma :)

  11. 14 harry 22 Desember 2006 pukul 6:00 am

    Kemarin ini saya lirik desktopnya Andy, beliau ternyata menggunakan Gidic. Looks good – simple, and it works.

  12. 15 wadehel 22 Desember 2006 pukul 7:25 pm

    @ Harry
    Terimakasih banyak. saya lsg liat2 nih.

  13. 16 ipoel 15 Januari 2007 pukul 9:39 pm

    maaf…saya mau nanya
    klo download Indo-japan yang mana ya!!!

    makasih sebelumnya

  14. 17 elang 26 Februari 2008 pukul 6:31 pm

    kalau mau download yang inggris – indonesia dimana ya mas?

  15. 18 meme 10 November 2008 pukul 10:17 am

    yah.. kaga gratis ya… baru mw instal..

  16. 19 hastio phyepan dhanie 22 April 2010 pukul 8:48 am

    ad yg gratisan g………

  17. 20 satmo54 30 Juni 2012 pukul 4:48 pm

    nah, saya masih dapet gratisnya di repository linux :\


Tinggalkan komentar




JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter