Tergoda Ubuntu

Ternyata iman saya tidak kuat. Akhirnya saya tergoda juga untuk mencoba Ubuntu. Promosi itu: linux for human beings, entah kenapa membuat saya sangat tergiur.
Padahal saya belum sempat menindaklanjuti niat untuk mencari cara menghubungi Bu Haji Irene (yang pakar pemurtadan) maupun MUI (yang sangat anti pluralisme) untuk melaporkan kasus bagi-bagi ubuntu gratis,

Tidak seperti pendahulunya, Ubuntu 6.06 LTS baru ini terlihat lebih seksi. Kalau dulu saya langsung kembali ke Windows XP karena tidak berhasil memaksa modem GPRS di Siemens M55 bekerja di Ubuntu 5.04, kali ini saya berhasil melakukannya dengan mudah. Dan saya pun tergoda untuk menjelajah lebih jauh alam ghaib linux ini.

Ada hal menarik yang saya sungguh-sungguh baru tahu. Di Ubuntu ini, untuk meng-install atau update (hampir) segala macam program cukup melalui klak klik mouse di Synaptic Package Manager. Tidak lagi harus ketik-ketik sudo aptget di terminal ala DOS yang jadul abis. Bahkan semua file-file pendukung yang diperlukan juga akan diurus secara otomatis oleh si synaptic ini, semua itu menggunakan antarmuka grafis yang cantik. Ajaib!

Sebagai umat Ms Windows yang selalu taat, mempelajari linux tentu saja tidak semudah mengeluarkan sperma, berikut ini link-link yang sangat membantu saya:

  • How to install anything in Ubuntu, ngebantu banget, link ini yang merubah persepsi saya hingga tidak lagi mengidentikkan linux dengan terminal DOS jadul. (tidak perlu tertawa)
  • Forum Ubuntu, dimana saya bisa tanya segala hal (tapi hanya tentang ubuntu, bukan tentang sex atau kawin kontrak)
  • Unix Basic: shell programming, yang ini saya tidak mengerti sama sekali, saya tulis disini cuma untuk gaya-gayaan aja :P

Meski menyenangkan, ternyata saya harus membayar mahal karena memilih tergoda oleh Ubuntu. PLN yang seenaknya memutus suplai listrik ketika saya sedang otak-atik partisi menyebabkan semua data, ribuan mp3, dan ratusan mentahan software-software haram di harddisk saya lenyap tak berbekas. Seandainya dulu semuanya saya beli sesuai harga asli, mungkin sekarang saya sudah meledakkan bom bunuh diri di tengah rapat direksi PLN.

Untungnya saya cukup dewasa, setelah puas memaki, mengutuk, melaknat dan menghujat PLN, saya berhasil meyakin-yakinkan diri bahwa musibah ini adalah petunjuk dari alam agar saya meninggalkan windows dengan segala wareznya dan beralih ke linux.

Sepertinya hijrah total ke linux bukan masalah besar (semoga). Dan sepertinya (lagi) saya akan terus memakai linux, bahkan meski nanti MUI mengharamkannya karena masalah pluralisme.

31 Responses to “Tergoda Ubuntu”


  1. 1 dewo 12 September 2006 pukul 8:30 am

    Syukurlah akhirnya weleh-weleh sadar…

    Salam.

  2. 2 putradi 12 September 2006 pukul 4:26 pm

    ubuntu bukan singkatan dari usus buntu kan ? :D

  3. 3 bank al 12 September 2006 pukul 7:24 pm

    kenapa harus hijrah ? emangnya pakai windows itu dosa gitu ?
    Rupanya Bu Haji Irene benar. Saya sudah melihat sendiri ada korban pemurtadan yaitu Om Wadehel.

  4. 4 kw 13 September 2006 pukul 9:22 am

    instal ubuntu semudah windows? asyik juga kedengaannya.
    karena ubuntu jadi benar2 murtad dari windows? hmm…..

  5. 5 wadehel 13 September 2006 pukul 10:17 am

    @ Dewo
    Orang tergoda kok dibilang sadar :P

    @ Putradi
    Bukan, memang bukan singkatan usus buntu. Google aja.

    @ Bank Al
    Pakai Windows saya yakin memang tidak dosa, Om. Meskipun saya kemarin saya menggunakan windows bajakan untuk menjalankan dan mendistribusikan banyak software dan mp3 bajakan, itu semua didasari semangat kebersamaan. Menolong sesama yang tidak mampu (secara finansial maupun kemauan) agar mereka bisa menikmati barang-barang bagus tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, sering kali malah tanpa perlu uang. Saya yakin Yang Maha Pengertian tidak akan keberatan.

    Alasan saya hijrah kan sudah tersirat jelas, karena konspirasi Tuhan dengan PLN :P (selain alasan tersembunyi, suka petualangan).

    @ Kw
    Installnya emang simpel (kecuali bagian penentuan partisi yang terkutuk!), kita juga bisa coba-coba dulu tanpa resiko apapun dengan live cd. Kalau tertarik, baru install.
    Selama install kita juga bisa sambil terus coba-coba, tanpa harus melototin bualan produsen ala installer windows.
    Bukan cuma installnya, updatenya nanti juga luar biasa ajaib, bukan cuma OSnya, tapi semua program juga ikut diperiksa, semudah update Firefox plus extensionnya. Tapi ya harus punya koneksi inet cepat dan murah.
    Bagi saya ini linux ternyaman yang pernah ada :P

  6. 6 dewo 13 September 2006 pukul 4:29 pm

    @wadehel:
    Maksudku sadar:

    Untungnya saya cukup dewasa, setelah puas memaki, mengutuk, melaknat dan menghujat PLN, saya berhasil meyakin-yakinkan diri bahwa musibah ini adalah petunjuk dari alam agar saya meninggalkan windows dengan segala wareznya dan beralih ke linux.

    Iya tho?

  7. 7 wadehel 14 September 2006 pukul 3:57 pm

    @ Dewo
    Oooo.. oo.. o.. Iya deh :)

  8. 8 Min 18 September 2006 pukul 1:36 pm

    Oom, saya juga pake Ubuntu untuk Compaq Presario 700 tua-bekas saya lho. Asyik punya Oom! Sampe saya ketagihan bikin screenshots dan pasang di blog :D

  9. 9 wadehel 19 September 2006 pukul 1:00 am

    Iya bung Min, emang keren punya nih ubuntu.
    Sekarang saya juga udah migrasi total.

  10. 10 mataharitimoer 22 September 2006 pukul 9:56 pm

    @ semua yg udah pake Ubuntu

    nginstal printernya bermasalah nggak sih? saya mau instal ubuntu tapi kuatir ada masalah dg Printer HP3535 dan EPSON C67, takut juga masalah dg Linksys USB WLAN Adapter dan SMC AP WEBTG…

    ada saran?

  11. 11 wadehel 22 September 2006 pukul 10:50 pm

    @ Mataharitimoer
    Saya pernah bermasalah dengan canon iP1000 di ubuntu 64bit yang sampai sekarang belum ada solusinya, emang pabrik printernya tidak ngeluarin driver untuk linux 64 bit. Akhirnya saya pake ubuntu biasa.

    Untuk Printer HP sepertinya memang paling bersahabat dengan linux, disini saya lihat ada driver untuk HP3535, tapi untuk EPSON C67 saya tidak melihat mungkin bisa minta driver ke pabriknya. Untuk USB WLAN jg ga tau juga tuh, tapi denger-denger klo ga salah ada yang bilang wardialing lebih enak pake linux. Untuk jelasnya tanya-tanya aja dulu di forum ubuntu.

  12. 12 yanto 23 September 2006 pukul 4:39 pm

    good-good-good, tapi masalahnya ampe sekarang masih susah tuh pake pixma ip1000, padahal dengan driver yang sama (bjfilter pixma 2.50) jalan dengan baik di suse 10.1 kok diubuntu suseh amat, driver terinstal dengan baik tapi tidak mau ready slalu paused statusnya.

  13. 13 marten 26 September 2006 pukul 2:52 am

    PERSETANDENGANSEMUAYANGKALIANKATAKAN

  14. 14 wadehel 26 September 2006 pukul 7:49 pm

    @ Yanto
    Masa sih? Saya pakai bukan driver yang dari mafia, tapi dari files.alfansa.org

    @ Marten
    Sabar mas, sabarrrr…. jangan ber flame-flame gitu dong, ga enak sama mas Passya ah.

  15. 15 mataharitimoer 29 September 2006 pukul 10:53 am

    @ marten
    hehehe, rajin juga kamu baca-baca postingan di sini…
    salam damai bro!

  16. 18 MasMommy 10 Oktober 2006 pukul 5:38 pm

    waduh, saya jadi terharu melihat betapa semua partisipan baru di ubuntu benar2 akhirnya tahu betapa powerfull-nya ubuntu GOGITS (6.06 lts)…
    saya juga baru koq di ubuntu, walau pada awalnya terseok-seok karena seluruh data kantor ku hilang disikat partisi ala GOGITS yang membingungkan…. namun setelah dicek lagi, alhamdulillah, di pc ku yang satu semua backup laptop ada semua…
    but anyway,… ada satu problem yang blum tuntaz,.. aku susah untuk open folder shared di PCku yang pake windows… minta password mulu…. padahal setauku gak ada passwordnya selain root dan root… hahahaha
    cuma masa bodo ah… yang penting internet lebih cepet dan latop tuaku jadi ngebut kembali… berkat GOGITS

  17. 19 dirac 17 Oktober 2006 pukul 5:26 pm

    Imanku juga mulai tergoda akan Ubuntu. Tapi aku sudah terlanjur mencinta Mandriva. Akankah hati bisa berpaling…

  18. 20 Amd 22 Oktober 2006 pukul 6:29 am

    Salam kenal

    Sebelumnya Minal Aidin Wal Faidzin dulu yaa…

    Saya kemaren juga dikirimi CD Ubuntu lima biji (pesannya sehabis baca postingmu yang sebelum ini – yang diprotes abis sama mas Dewo :D) trus dah saya coba install, terus terang ini OS Linux pertama yang pernah saya instal dan gunakan, hehe…

    Btw, berhubung masih pemula nih, bisa kasih tau ndak di mana saya bisa nyari driver buat printer saya? Printernya iP1000 juga, trus saya make Ubuntu yang biasa juga…
    Thanks b4 yaa. Btw saya suka tulisan-tulisanmu, walau kadang miris kalo baca comment-comment-nya yang kerap kali ‘mengenaskan’ dan keterlaluan ngejudge-nya.. hehe

  19. 21 Amd 22 Oktober 2006 pukul 6:50 am

    Tambahan!
    Saya dapat cdnya gratis malahan! Bebas tanpa bea apapun juga. Apa masing-masing kantor pos di indonesia punya kebijakan mencatut biaya masing-masing ya?

  20. 22 wadehel 22 Oktober 2006 pukul 10:41 am

    @ Amd:
    Hehe, welcome to linux, awas murtad :))
    Fyi, driver cannon ip1000 yang saya pakai dapat dari Alfansa, yang di pajang di mafia (sesuai petunjuk forum resmi) itu gag cocok.
    Soal ngejudge-mengejudge, ini lah kelebihan blog, semua bisa bebas berpendapat. Dan kita terpaksa belajar menerima perbedaan pendapat. Saya pikir, kalau semua anggota FPI dan sebangsanya di beri akses internet dan belajar ngeblog, kekerasan mereka akan bisa berkurang :P
    Dan soal Kantor Pos, euh… mungkin memang masing-masing punya kebijakan sendiri tergantung tingkat kemiskinan masing-masing :)

    @ Dirac
    Ikuti kata hati saja. Tiap manusia beda selera dan keperluan, mungkin karena itu ada banyak distro.

    @ MasMommy
    *Kasih tisu basah buat yang lagi terharu* Ikut senang karena laptopnya bisa jalan lagi :)

    @ Rahmat Z
    Selamat, salam ubuntu :)

  21. 23 HD 5 Desember 2006 pukul 2:58 am

    wah sesuatu yang aneh menganggap teknologi untuk umat manusia kok dihubungkan dengan agama ya, apakah anda rela dijajah oleh microsoft yg sudah jelas yahudi

  22. 24 ardhiauliya 13 Desember 2006 pukul 7:30 am

    Aa Wadehel, mo nanya nih, pas mau pesan dvd distribusi Repository ada 2 macem ; dapper drake & edgy , bedanya apa ya? di CD ubuntu yg saya terima ga ada tulisan dapper drake atau edgy.

    Akhirnya ketemu juga pas mau install abiword pake synaptic, ternyata dia ngedowload package file dari http://id.archive.ubuntu.com dapper/……
    (berarti dapper drake kan cd ubuntu saya?).
    Jadi itu kah gunanya “dvd distribusi repository”? supaya ga perlu download package file?

    Terakhir, Repository itu apa ya? asing di telinga nih, Dah baca di wiki tetep ga ngerti.

    TQ ;)

  23. 25 wadehel 13 Desember 2006 pukul 8:11 am

    @ HD
    Membenci yahudi supaya masuk surga? Menarik itu :P

    @ Arhiauliya

    dapper drake & edgy , bedanya apa ya?

    Yang Dapper itu LTS (update akan terus dirilis) yang Edgy hanya 6 bulanan. cmiiw.

    (berarti dapper drake kan cd ubuntu saya?).

    Sepertinya gitu. Kalau anda belum pernah upgrade ke Edgy, mungkin sekali itu dapper. Lihat aja di covernya, kalau 6.06 LTS berarti dapper.

    Jadi itu kah gunanya “dvd distribusi repository”? supaya ga perlu download package file?

    Iya, salah satunya. Selain untuk bercermin :) Jangan lupa, setelah beberapa waktu (minggu/bulan) anda tetap perlu memeriksa update lagi lho, bisa dengan menghubungkan pc anda ke internet atau dengan memesan dvd repo. Pasti ada update baru lagi.

    Repository itu apa ya?

    Saya memahaminya sebagai gudang data. Semua patch dan update terbaru diletakkan disitu, agar terpusat. Dan orang-orang hanya perlu memeriksa repo yang mereka inginkan untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang baru.

    cmiiw

  24. 27 Ronny Tri 20 Juli 2007 pukul 4:52 pm

    halo semua saya baru memakai ubuntu, saya ada masalah dengan print pixma ip-1000. setelah saya install, printer bisa jalan dan di kenalin tetapi waktu saya mau cetak file excel yg dulunya dari windows formatnya berubah semua dan hasil cetaknya tidak sama dengan di preview nya, mohon bantuannya ( oh ya saya pakai open office 2.2 ) tolong ya, sudah pusing nih kepala ku…

    thanks 4 all
    ronny tri

  25. 28 ashoepeople 17 September 2007 pukul 1:12 pm

    Broo, gimana caranya mendapatkan driver cannon pixma ip1000 yang free ya?????? soalnya saya sudah coba links ke http://www.mafia.or.id sesuai dengan petunjuk pak dokter, tetapi kok masih gk berhasil, dengan alasan ruang prakteknya tidak terdapat file bjfilterpixmaip1000-lprng-2.50-2.i386.rpm dan komplotannya. Gimana nih bro????? apakah ada spsialis lain yang nangani penyakit ini???????
    by the way, bus way dan gateway, Blog lo asik juga ya………..

  26. 29 Underware 23 September 2007 pukul 7:04 am

    Akhirnya ada juga orang murtad mau pake linux.

  27. 30 deni_cen 4 Oktober 2007 pukul 12:06 pm

    mas saya punya siemen m55 ama kabel datanya yang non original, internetnya pengen jalan di pc. dah instal modem drivernya kok masih gak bisa konek tuh. kenapa ya?pls bls ya


  1. 1 Tombol-tombol di Blog Kita « frimitzon Lacak balik pada 2 Desember 2011 pukul 3:34 pm

Tinggalkan Balasan

JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter



