Kamus offline!: Stardict (utk windows)

UPDATE 8 Jan 2007: MAAF, Aplikasi ini sudah tidak gratis lagi. Tidak perlu meneruskan membaca kalau tidak ingin kecewa karena kesulitan mendapatkan dictionarynya :P

Saya dapatkan info tentang kamus mantab ini dari situsnya Julian. Promosi beliau seperti ini:

“Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet terus-menerus secara online, cukup hanya dengan mengunduh aplikasinya (bisa di sistem operasi Linux atau Windows) dan mengunduh kamus yang diperlukan saja.”

Jadi tertarik, dan setelah nyoba memang terbukti!! TOPBGT! Kamus terkutuk ini tidak hanya melayani bahasa inggris-indonesia, ada banyak bahasa lain, perancis, jepang, etc. Bahkan rusia juga bisa! Berguna tuh untuk yang suka jalan-jalan cari warez. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk mendapatkan Stardict free dictionary:

  1. Download Stardict (pilih yang edisi windows)
  2. Download kamus yang di kehendaki di sini.
  3. Install Stardict
  4. Ekstrak kamusnyadengan winzip atau winrar (atau pengekstrak rar lainnya) kefolder \StarDict\Dic dimana stardict terinstall defaultnya sih di C:\Program Files\StarDict\Dic
  5. Jalankan stardict
  6. Pilih dulu kamus apa saja yang ingin diaktifkan melalui tombol manage dictionaries di kanan bawah jendela.
  7. Stardict siap digunakan.

PENTING!!
Kalau di PC anda belum terinstall GTK, kemungkinan program ini tidak akan jalan. Tapi jangan khawatir, di halaman downlad juga tersedia GTK Environment yang diperlukan.

UPDATE 3 Desember: Refresh artikel karena semua link menjadi basi gara-gara stardict naik versi, dan ganti penampilan situs. FYI, sekarang stardict juga ada versi onlinenya.

Oh iya, petunjuk diatas belum terbukti efektif, saya juga belum coba lagi:P Alasannya karena sekarang ini saya sudah meninggalkan Windows bajakan dan beralih ke Ubuntu.

54 Responses to “Kamus offline!: Stardict (utk windows)”


  1. 1 wadehel watch 21 Juli 2006 pukul 10:36 am

    Semua artikel anda sampah.Kecuali ini. LOL

  2. 2 kw 21 Juli 2006 pukul 4:40 pm

    dear wadehel,
    saya udah mengikuti langkah-langkah sampai nomor 4 dan sukses. namun ketika aku menjalankan icon nya, tidak ada respon sama sekali.

    oh ya saya pake windows xp.

    kira2 kenapa? untuk windows bukankah gtk sudah otomatis terinstal?

    ok ditunggu ya :)
    thx

  3. 3 wadehel 21 Juli 2006 pukul 5:00 pm

    Setahu saya GTK tidak otomatis dapat bareng windows, Pak.

    GTK itu (kalau tidak salah) diperlukan oleh program-program yang aslinya dibuat untuk linux supaya bisa bergerak di windows. Dalam kasus anda, hukumnya dosa kalau tidak diinstall.

    Coba deh GTKnya di kenyot dan di install dulu.

  4. 4 kw 21 Juli 2006 pukul 5:49 pm

    ho ho ho akhirnya bisa juga, tak perlu di kenyot. cukup di restart komputernya aja.

    keren juga. namun masih konvensional. translatenya kata per kata. punya yang per paragraf/ per page gak? semacam transtool 7x. hanya saja transtol masih ancur2an translatenya

    ok ditunggu infonya ya :)

  5. 5 mataharitimoer 23 Juli 2006 pukul 3:44 am

    6 jempol buat lu!! jempol gw 2, jempol 2 orang temen gw masing2 juga 2.
    Ini postingan paling bermanfaat dunia dan akherat!

    jabat erat!

  6. 6 wadehel 23 Juli 2006 pukul 4:48 pm

    Kembali kasih, senang bisa berguna. btw itu yg bikin program lagi butuh duit, klo anda-anda punya duit gak kepake, silahkan kirim aja ke beliau.

  7. 7 usa_gal 29 Juli 2006 pukul 5:06 pm

    Hmm… aku da nyoba tpi GTK-nya knapa eror ‘n ga bisa di install???????????????????????????????

  8. 8 wadehel 30 Juli 2006 pukul 7:55 pm

    @usa_gal:
    pesan errornya apa? siapa tahu gw bisa bantu memperbingung… hehehe

  9. 9 cha cha 31 Juli 2006 pukul 3:27 pm

    dear Mas Wadehel,
    Saya sudah menginstall GTK tetapi ketika akan menginstall Stardict, keluar pesan : The GTK+ runtime environment is either missing or needs to be upgraded. Please install v2.4.7 or higher of the GTK+ runtime. So apa yang harus saya lakukan? Thx.

  10. 10 wadehel 31 Juli 2006 pukul 5:22 pm

    @cha-cha…
    – Sudah restart?
    – Kalau tidak bisa juga coba cari GTK yang disini buang dulu yang lama, lalu restart.
    – Kalau tidak bisa juga coba dibacain ayat kursi atau doa bapa kami disurga atau doa apapun lah tergantung keyakinan anda sebanyak 9 kali, lalu tanya teman anda yang bisa diajak liat pc anda. hehehe.

  11. 11 urip 3 Agustus 2006 pukul 2:33 pm

    Nanya nih, di pc saya stardict kok yg bisa jalan indonesia inggris doang, yang inggris indonesia gak mau jalan, gimana ngaktifkannya. padahal udah ku ekstrak ke folder yg disaranin. Gimana nih? mang jumlah filenya ada berapa macam untuk quick inggris-indonesia? 2 aja atau 3 seperti indonesia-inggris. tolong dijelasin yo? tur suwun kang.

  12. 12 wadehel 3 Agustus 2006 pukul 7:10 pm

    @urip:

    yang quick_eng-ind itu untuk inggris ke indonesia
    yang quick_ind-eng itu untuk indonesia ke inggris
    Yang lain silahkan ditambahkan tergantung kemampuan yang dimau.

    Gak muncul itu mungkin karena programnya perlu di restart dulu. habis nambah kamus mungkin perlu di restart biar kamus yg baru di ekstrak aktif.

    Cek juga di menu manage dictionaries (di kanan bawah layar aplikasi, gambar kunci mesin), periksa apakah kamus yang anda mau sudah muncul dan di contreng.

    Klo udah sukses bisa kabar-kabari lagi ya…
    Dan jangan lupa kirim duit atau minimal doa buat yang bikin :P

  13. 13 urip 4 Agustus 2006 pukul 10:08 am

    Bos dalam menu manage dictionaries (di kanan bawah layar aplikasi, gambar kunci mesin) ternyata gak ada kamus inggris indonesianya. Yang ada cuma indonesia inggris doang. Padahal sudah bener aja ngekstraknya. cuman kalau sy bandingkan emang hasil ekstrakaannya cuman 2 file aja untuk english-indonesianya. apa emang gitu yah (2 file)?
    Sudah di restart tetep aja gak mau.
    Doa sudah terkirim ke beliaoooou… sampai belum yah…. : D kalo dah sampai tolong dibalas. hehehehehe
    btw Buat wadehel….. wadehel itu artinya opo seh?
    tengkyu…

  14. 14 wadehel 4 Agustus 2006 pukul 3:20 pm

    @urip:
    Wah, harusnya isinya tiga file pak. Kemungkinan file yang bapak dapat itu korup, sedot lagi aja. Saya dapat yang utuh waktu nyedot dari mirror jepang (jaist).

    Soal doa itu, memang bapak kirimnya lewat mana? Coba aja ditanyakan ke agen atau calo yang waktu itu menangani.

    Soal nama, itu hanya asal comot aja dari ungkapan boso inggris what the hell.

  15. 15 urip 5 Agustus 2006 pukul 8:58 pm

    Duh ommmm sudah download lagi ternyata hasilnya sama aja tuh. Kalo gak keberatan kirimi filenya saya aja yah… sudah 4 kali saya downloadnya gak berhasil…. nihil. Coba pakai komputer lain juga podo-ae hasile. Saya juga sudah coba bikin file (file *.ifo) sendiri menurut petunjuk temen di http://groups.google.co.id/group/teknologia ternyata belum membuahkan hasil juga….. Judek jadinya… ngebet pingin memanfaatkan tapi belum dikabulkan ama yg kuasa….hehehehe

  16. 16 wadehel 5 Agustus 2006 pukul 10:28 pm

    @urip:
    Sudah dikirim Pak, silahkan di cek, siapa tahu salah masuk ke tempat sampah :)

  17. 17 urip 6 Agustus 2006 pukul 7:31 am

    HOOOOREEEEEEEEEEEEEEEE berhasil…..
    thankyu bos…..
    Sebelumnya saya sikat habis (termasuk yg di program file) stardict yg ada lalu di install ulang… dan greeeeeenngnnnngg berhasil………

  18. 18 ANTO 31 Agustus 2006 pukul 12:21 am

    mas saya coba2 kok ngak bisa ya…kalau boleh tolong kirim ke email ku programnya..sebelumnya saya ucapkan terima kasih banya.

  19. 19 wadehel 6 September 2006 pukul 12:56 pm

    @ ANTO
    Maaf, bukan saya tidak mau, bukan saya tidak sudi. Tapi benwit saya limitit.
    Emang problemnya dimana?

  20. 20 mbah_ghojez 13 September 2006 pukul 5:32 pm

    aku dah instal tp keluar :
    Warning! No dictionary is loaded.
    Please go to StarDict’s website and download some dictionaries:

    http://stardict.sourceforge.net

    trus aku masuk di http://stardict.sourceforge.net
    kok gak ada yg bisa didonlot ?
    gimana ya ………….?
    thanks

  21. 21 wadehel 13 September 2006 pukul 7:23 pm

    @ mbah_ghojez
    Itu site bentuknya emang agak sulit dimengerti Mbah, foldernya itu yang di deretan atas, yang tulisannya Downloading/Dictionaries/Tree… dll, bisa dipilih yang dictionaries. saya juga bingung waktu pertama masuk. Atau coba langsung kesini aja:
    http://stardict.sourceforge.net/Dictionaries_Quick.php
    trus pilih kamus yang Mbah inginkan, dan sedot tarball nya. Ntar ekstrak sesuai petunjuk.

  22. 22 wahyu_am 15 Oktober 2006 pukul 8:39 am

    edane………………
    apik tenan……………..

  23. 23 NITA 18 Oktober 2006 pukul 1:40 pm

    Ada kamus indonesia – jepang yang bisa di download ga ya?

  24. 24 wadehel 18 Oktober 2006 pukul 2:02 pm

    Di bagian download kamus stardict ada quick_eng-jpn dan quick_jpn-eng dan ada juga lain-lainnya tuh, sepertinya stardict bisa untuk jepang juga. Saya belum coba bahasa-bahasa selain inggris-indo sih. Di halaman ja(日本語) juga ada aneh-aneh yang spesifik berbau kamus jepang (saya ga ngerti dan belum coba). Mungkin itu yang anda cari?

    Fyi, saya baru coba kamus indo-eng, eng-eng dan beberapa lainnya yang tulisannya masih bisa dicerna :P Kenapa anda tidak coba saja, nanti reviewnya bagi tahu kita-kita?

  25. 25 vo duy quy 2 November 2006 pukul 6:00 pm

    i cant install stardict. it want v2.4.7 or higher of the GTK + runtime.
    how can i do?

  26. 26 vo duy quy 2 November 2006 pukul 6:01 pm

    who can help me pls?
    thanks

  27. 28 rasho 21 November 2006 pukul 9:48 pm

    bro, mau nanya ni.. aku udah download file quick eng-ind format tarball.. downloadnya sukses.. tapi anehnya pas udah diextract malah ga ada filenya. Waktu mau didelete tulisannya “the directory is not empty”. Nah gitu masalahnya.. tolong yah bro..
    thanx in advance.. oh iya, aku pake win xp sp2

  28. 29 gwee 30 November 2006 pukul 1:13 pm

    eh,ko akyu ndak bisa donlot kamusnya ya..
    coba masuk ke http://stardict.sourceforge.net/Dictionaries_Quick.php

    malah ada komentar
    An error has been encountered in accessing this page.

    1. Server: stardict.sourceforge.net
    2. URL path: /Dictionaries_Quick.php
    3. Error notes: File does not exist: /home/groups/s/st/stardict/htdocs/Dictionaries_Quick.php
    4. Error type: 404
    5. Request method: GET
    6. Request query string:
    7. Time: 2006-11-29 21:53:41 PST (1164866021)

    Reporting this problem: The problem you have encountered is with a project web site hosted by SourceForge.net. This issue should be reported to the SourceForge.net-hosted project (not to SourceForge.net

    mesti gmna ya??
    help plis

  29. 30 wadehel 1 Desember 2006 pukul 8:46 am

    @ Rasho
    Mungkin donlotnya korup? Coba sedot lagi deh. Dan ekstraknya pake winzip atau winrar, ada beberapa orang yang ekstrak pake ekstraktor lain dan gagal. Mungkin ga kompatibel.

    @ Gwee
    Kesini aja kalo gitu: http://stardict.sourceforge.net/ trus klik dictionaries, setelah itu cari di bagian Quick.
    Ternyata ada perubahan dalam situsnya :D, jadi lebih keren! Terimakasih, nanti saya update lagi link-link basi di posting ini.

    Fyi, Alamat yang baru ada langsung di http://www.stardict.org/index.php

  30. 31 pramur 1 Desember 2006 pukul 4:33 pm

    Numpang nimbrung nih Mas…
    Sepertinya Anda sudah pernah posting tentang software bajakan, mengapa masih menggunakan Stardict versi Windows? ^_^ V
    CMIIW

  31. 32 pramur 1 Desember 2006 pukul 4:36 pm

    Kalo bisa ada review buat pengguna Linux juga..

  32. 33 wadehel 2 Desember 2006 pukul 9:30 am

    @ Pramur
    Nimbrung bebas disini, tidak perlu ijin :D
    Ini artikel memang saya tulis sewaktu masih pakai windows XP Pro SP2 Bajakan.
    Review buat linux gimana ya, saya tidak menguasai sama sekali je. Di ubuntu ini pun stardict saya ngambek gara-gara konflik dengan bochs, sampai sekarang belum nyoba benerein.

  33. 34 2FuN 5 Desember 2006 pukul 8:28 pm

    wktu itu 4ku butuh bgt k4mus bhs jep4ng..
    downlod k4musny4 tnp mslh.
    semu4 berj4l4n L4nc4r.
    g4k seperti posting dr temen2 yg bnyk erorny4…
    thnk y.. smg 4m4L mu di bls oleh Yg M4h4 Ku4s4..
    4MIN..

  34. 35 wadehel 6 Desember 2006 pukul 12:00 pm

    @ 2FuN
    Kembali kasih. Semoga anda juga mau menyebarkan pengetahuan anda untuk memajukan ummat, baik yang beragama maupun yang tidak :D

    Saya yakin kita tidak akan bisa lolos dari segala kebaikan yang kita perbuat :)

  35. 36 arriie 8 Januari 2007 pukul 9:43 am

    mas, masukin souce pake yang mana sih ???

  36. 37 arriie 8 Januari 2007 pukul 9:48 am

    masukin source nya maksudnya, apa pake yang tulisan aneh di atasnya ?

  37. 38 wadehel 8 Januari 2007 pukul 8:07 pm

    @Ariie: Saya tidak tahu pak. Saya baru coba yang rpm trus pake alien.

  38. 39 uud 15 Februari 2007 pukul 3:27 pm

    maaf ni aku ini baru kenal internet,wadehel itu apa atau apaan?..

  39. 40 rookie 15 Februari 2007 pukul 3:52 pm

    mas wadehel lakuin langkah 1,trs masuk ke langkh 2,tapi kok situsnya ga bisa dibuka alias error.ditunggu ya..

  40. 41 2FuN in jogja 21 Februari 2007 pukul 12:10 am

    wkt itu ak butuh translate jpn indonesia.
    akhirnya ktemu dah dgn wadehel
    sungguh sgt membantu saya dgn tgs2 bhs jpn saya.
    sy tdk menemui ksulitan sprti org2 yg posting di site ini.
    Saya tdk akan pernah lupa dgn wadehel.
    tp wkt itu ak download nya, stardict blm naik versi. jd msh gampang. skrng sy pengen cr dict nya susyeh nya minta ampun.
    mmm.. agak malu ni ngomong nya.. gm klo bos wadehel kirim saya winzipnya dict indonesia ke inggris.. pleaseeeee.
    sumaph aku ngucapin thx bgt klo bos wadehel mau ngirimin ke email saya broken_2fun@yahoo.com. cm satu doang kok.. yaa.. please… sy dah pny ing-ind, tp yg ind-ing blm pny, g seru dong klo g pnya dua2 nya. pleaseee….

  41. 42 2fun 25 Februari 2007 pukul 3:15 am

    gak jadi ding… aku dah dpt dict nya. thx

  42. 43 txpxsx 1 Maret 2007 pukul 2:36 pm

    mantabbbb…thx bgt!

  43. 44 fer_bdg 13 April 2007 pukul 10:26 am

    punten

    kalo kamus indo-jep ato jep-indo dimana ya?

    dicari2 g ada euy.yang ada eng-jap ato jap-eng..tolong beri tahu y(jgn tempe)….onegainasimasu

  44. 45 ovie 10 Juli 2007 pukul 4:38 pm

    hmmmmmmmmmmm

  45. 46 nOE 9 Agustus 2007 pukul 4:45 pm

    Wuich kebeneran banget nech gue pas mau blajar bahasa jepang trus gua nyari2 ada gak ya kamus jepang yang bisa di download? eehh..akhirnya nyasar dech di situs nya mas wedehel “What the hell”(becanda). Oh iya gue dah download dictionarynya juga untuk yang english-japan maupun japan-english. Tapi pas di artinya tu huruf jepangnya koq kotak-kotak ya.. aq cari2 di option font aq ganti dengan huruf jepang eh..semuanya settingan jadi font jepang. Kira2 knapa ya buat masa wedehel..pa gue yang salah download dictionerynya?..Makasih sebelumya.

  46. 47 kagok 21 Agustus 2007 pukul 2:21 pm

    Buying the desk paves the way for you to hire a journalist.
    Activate the Roster menu, and move to the Staff screen to view a
    list of available staff, which should include some journalists
    and photographers. Once you hire a journalist, you complete this
    objective. Hire a photographer too.

    TIP: When hiring a staff, choose one who has a high rating. At this
    stage of the game, the staff available to you may not be the best, so
    go for the best of the lot. You may also want to take note of their
    quirks, and avoid hiring people who are confrontational.

    NOTE: A journalist needs a desk to work on, so if you want to hire
    one more journalist, you will need to buy another desk.

  47. 48 Rizza 6 September 2007 pukul 6:58 pm

    Wah saya mau juga tuh tolong kirim ke alamat saya yach

  48. 49 VEAUSHOT 30 September 2008 pukul 11:47 pm

    om…
    mau tanya cara downlaod gtk gimana..?

  49. 50 ebi90 28 Februari 2009 pukul 3:58 pm

    http://www.luckygirl90.wordpress.com
    Syukur uda dikasi duluan kalo nda gratis lagi… Yang gratis apa ya? Thanks

  50. 51 3MSS 3 Maret 2009 pukul 1:08 pm

    Langsung sedooooot , terimakasihhh banyakkkkk

  51. 52 tono 30 November 2009 pukul 9:52 pm

    ni kamus bisa offline g?

  52. 53 tono 30 November 2009 pukul 9:55 pm

    saya coba yg bahasa jepang ko dia nongol conecting mulu y pas saya klik translate & selalu nongol pas saya klik folder di my explorer??? knp y?


  1. 1 Hikmah Penginstallan Stardict - Kamus Offline Smart « Ajar Kimia, TIK, dan Sekitarnya Lacak balik pada 17 Oktober 2006 pukul 8:58 pm

Tinggalkan Balasan

JANGAAAN !!!

Jangan membaca isi blog ini, sebelum memahami semua woro-woro di halaman PERINGATAN.
Unek-uneg, pertanyaan atau komentar yang TIDAK berhubungan dengan posting, silahkan anda sampaikan di Ruang Tamu.
Boleh juga memasukkan kritik dan saran ke dalam kotaknya.
Posting yang tidak pada tempatnya, terlalu OOT atau terlalu kotor, kemungkinan besar akan saya serahkan pada akismet.
Satu lagi, tak perlu kuatir kalau komen anda tak langsung muncul, kadang akismet suka terlalu curiga, saya akan lepaskan begitu saya online :) Terimakasih

Cap Halal

RSS Sumber Inspirasi

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Kampanye

Petisi Mendukung Pembubaran IPDN

Aku Nggak Korupsi

Kulkas

free hit counter



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 59 pengikut lainnya.

